The Role of Boarding Schools in Socio-Economic Empowerment in Jombang During the Pandemic

Main Article Content

Buyung Abimanyu M. Mu'ali Widodo

Abstract

Pondok Pesantren berkembang sebagai sosialis dan lembaga pendidikan islam. Peran sosialis pesantren berdampak pada pemberdayaan masyarakat dalam upaya mendorong, memberikan motivasi, dan penguatan sebagai faktor menjalani kehidupan. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan peran pondok pesantren dalam pemberdayaan ekonomi sosial di Jombang masa pandemi, faktor pendukung, dan faktor penghambat. penelitian dilaksanaka pada empat pondok terbesar di Jombang, antara lain pondok pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, pondok pesantren Darul Ulum Rejoso, pondok pesantren Tebuireng, dan pondok pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif studi kasus. Teknik pengambilan data melalui wawancara dan pengamatan, sumber data primer bersumber dari wawancara dengan ketua bidang pemberdayaan pedagang yayasan, sedangkan data sekunder diperoleh dari pengamatan. Hasil akhir penelitian ini menunjukan adanya pemberdayaan ekomomi sosial oleh pondok pesantren didalam pandemi ini. Bentuk pemberdayaan berupa sosial ,ekonomi, dan bidang pendidikan. Berdasarkan kajian pustaka mengenai konsep pemberdayaan ekonomi sosial menyatakan bahwa pemberdayaan bertujuan memberi daya atau kekuatan, sehingga orang, kelompok, atau masyarakat dapat menjalani kehidupan sosial yang seharusnya.

Article Details

Section
Articles