Pengaruh Tata Letak Toko, Kualitas Layanan, dan Motivasi Rasional terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Isi Artikel Utama

Najib Fuadi
Salihah Khairawati
Hery Sasono

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Store Layout, Kualitas  Pelayanan Dan Motivasi Rasional Terhadap Keputusan Pembelian oleh konsumen di Swalayan Arinda Sribitan, Bangunjiwo. Penelitian ini bersifat asosiatif atau kausalitas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Non Probability Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, yakni sebanyak 100 responden. Menggunakan analisis data regresi linier berganda dengan program SPSS 17  for Windows. Hasil uji t menunjukkan motivasi rasional berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, dengan nilai t hitung 3,973 > dari nilai t tabel 1,98, kemudian nilai sig. 0,000 < dari 0,05. Sedangkan variabel store layout dan kualitas pelayanan menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan uji F, secara bersama–sama variabel store layout, kualitas pelayanan, dan motivasi rasional memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, didukung dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,253, yang berarti 25,3 % keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh variabel store layout, kualitas pelayanan, dan motivasi rasional. Sedangkan sisanya sebesar 74,7 % dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain di luar penelitian.


 

Rincian Artikel

Bagian
Articles