Pengaruh Tata Letak Toko, Kualitas Layanan, dan Motivasi Rasional terhadap Keputusan Pembelian Konsumen
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Store Layout, Kualitas Pelayanan Dan Motivasi Rasional Terhadap Keputusan Pembelian oleh konsumen di Swalayan Arinda Sribitan, Bangunjiwo. Penelitian ini bersifat asosiatif atau kausalitas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Non Probability Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, yakni sebanyak 100 responden. Menggunakan analisis data regresi linier berganda dengan program SPSS 17 for Windows. Hasil uji t menunjukkan motivasi rasional berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, dengan nilai t hitung 3,973 > dari nilai t tabel 1,98, kemudian nilai sig. 0,000 < dari 0,05. Sedangkan variabel store layout dan kualitas pelayanan menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan uji F, secara bersama–sama variabel store layout, kualitas pelayanan, dan motivasi rasional memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, didukung dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,253, yang berarti 25,3 % keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh variabel store layout, kualitas pelayanan, dan motivasi rasional. Sedangkan sisanya sebesar 74,7 % dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain di luar penelitian.
Rincian Artikel
Hak cipta artikel ada di jurnal at-tauzi setelah dipublikasikan. Peraturan ini memberi manfaat bagi pembaca / pengguna untuk menggunakan kembali artikel tersebut. Siapapun diijinkan menyalin, mendistribusikan, dan membuat karya turunan, asalkan Anda memberi kredit kepada penulis dan lisensi ini. Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons.