Pengaruh Brand Ambasssador dan Fanatisme Terhadap Loyalitas Pelanggan Tokopedia dalam Perspektif Ekonomi Islam
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh langsung dari brand ambasssador dan fanatisme terhadap loyalitas pelanggan dan mengetahui bagaimana menurut perspektif ekonomi Islam terhadap fanatisme. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik sampel yang digunakan non probability sampling dengan pengambilan sampel purposive sampling dengan kriteria terdiri dari anggota grup telegram ARMY INDONESIA, penggemar BTS, berusia 12 – 24 tahun, dan pernah bertransaksi di Tokopedia minimal satu kali pembelian. Teknik pengolahan data menggunakan aplikasi IBM Statistik SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) brand ambasssador tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dibuktikan dengan thitung 1,313 < ttabel 1,984. 2) fanatisme berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dibuktikan dengan thitung 2,885 > ttabel 1,984. 3) brand ambasssador dan fanatisme berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dibuktikan dengan fhitung 12,985 < ftabel 3,09. 4) fanatisme dalam perspektif ekonomi Islam bahwa dalam mengidolakan seseorang tidak boleh berlebihan dan harus sesuai ajaran syariat Islam.
Rincian Artikel
Hak cipta artikel ada di jurnal at-tauzi setelah dipublikasikan. Peraturan ini memberi manfaat bagi pembaca / pengguna untuk menggunakan kembali artikel tersebut. Siapapun diijinkan menyalin, mendistribusikan, dan membuat karya turunan, asalkan Anda memberi kredit kepada penulis dan lisensi ini. Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons.