Pembentukan Kepribadian Islam dan Soft Skill Manajemen Diri pada Lembaga Pendidikan Berpesantren serta Pendukung Implementasinya

Formation of Islamic Personality and Soft Skills for Self-Management at Islamic Boarding School Institutions and Their Implementation Support

  • Ani Rohaeni
  • W Wijiharta STEI Hamfara
Keywords: implementasi strategi, lembaga pendidikan berpesantren, kepribadian Islam, soft skill, manajemen diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembentukan kepribadian Islam dan soft skill manajemen diri pada Lembaga Pendidikan berpesantren serta pendukung implementasinya. Studi literatur ini mengkaji 42 artikel yang terseleksi dari 112 artikel hasil runutan menggunakan aplikasi Publish or Perish 7 dan google scholar. Simpulan dari kajian sederhana ini adalah bahwa lembaga pendidikan pesantren sebagai system pendidikan tertua di Indonesia yang telah bertahan selama beberapa abad pada dasarnya telah tersistemasi dalam membentuk kepribadian Islam dan manajemen diri santri. Beberapa program pendidikan pesantren bisa berperan dalam membentuk kepribadian Islam dan manajemen diri santri, misalnya program kajian (ngaji), program rutinan, program pembiasaan, program pelatihan, penyadaran dan motivasi. Disamping itu juga terdapat system kehidupan pesantren yang mendukung pembentukan kepribadian Islam dan manajemen diri santri, misalnya keteladanan, pendampingan senior, kultur kolaborasi antar elemen pondok, penerapan aturan, pendisiplinan, serta peran figure sentral kyai dalam memberi nasihat dan bimbingan khusus, serta kontrol program dan system secara berlapis.

Published
2023-09-11