Training Tingkat Akhir untuk Pemantapan Lulusan Menapak Bisnis / Profesi

  • Wijiharta Wijiharta STEI Hamfara
  • Ria Astina STEI Hamfara
  • Ani Rohaeni STEI Hamfara
  • Nuhbatul Basyariah STEI Hamfara
Keywords: Pengembangan SDM, Softskill Training, Pesantren Wisuda, calon lulusan, perguruan tinggi

Abstract

Kesiapan mahasiswa menapak dunia kerja, dunia usaha ataupun studi lanjut S2 bukan hanya dibekali knowledge selama menjalani perkuliahan, hardskill pada kegiatan praktik semasa pendidikan, tetapi juga perlu dibekali dengan soft skill dan kematangan kepribadian Islam. Pengembangan soft skill bisa diselenggarakan melalui kegiatan training. Pesantren Wisuda merupakan puncak dari rangkaian kegiatan training bagi mahasiswa STEI Hamfara. Akan tetapi belum pernah dilakukan evaluasi training secara kuantitatif untuk mengetahui respon mahasiswa peserta training. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan penilaian peserta training sebagai feedback. Program training Pesantren Wisuda mendapatkan penilaian sangat baik (85,48 %) dari peserta, sehingga perlu terus dikembangkan dalam perannya memantapkan penanaman softskill, memantapkan menapak bisnis / profesi dan memantapkan kepribadian Islam dalam bisnis / profesi lulusan di STEI Hamfara. Pesantren wisuda memantapkan calon lulusan untuk menapak bisnis / profesi yaitu kemantapan langkah bisnis / profesi yang akan / tengah digeluti (4,25) dan kesadaran untuk terus belajar dan berinovasi dalam bisnis / profesi (4,429). Pesantren wisuda memantapkan kepribadian Islam dalam bisnis dan profesi, terutama memantapkan peran dalam mendakwahkan dan mempraktikkan ekonomi Islam (4,643), kesadaran berjamaah / kolaborasi / kerjasama dalam bisnis / profesi (4,571) dan kesadaran ketawakkalan dalam menjalankan bisnis / profesi (4,556). Pesantren Wisuda memantapkan softskil terutama etika mengasah berinteraksi dengan pihak lain (4,405) dan kemampuan berfikir kritis (4,357). Adapun yang perlu ditinghkatkan adalah pemantapan soft skill kemampuan problem solving (3,857), kemampuan berkolaborasi dengan pihak lain (3,929) dan keterampilan interpersonal (interpersonal skill) (3,929). Penelitian ke depan perlu dipertajam untuk arah pengembangan entrepreneurship, profesi professional pengelola bisnis / banker, ataupun kesiapan jalur akademis melalui studi lanjut.

Published
2022-10-10