Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  • Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain (atau sudah dijelaskan dalam Komentar kepada Editor).
  • File naskah dalam format dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  • Referensi yang dapat diakses online telah dituliskan URL-nya.
  • Naskah diketik dengan teks 1 spasi; font 12; menggunakan huruf miring, bukan huruf bergaris bawah (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel diletakkan dalam teks pada tempat yang diharapkan, bukan dikelompokkan tersendiri di akhir naskah.
  • Pengetikan naskah dan sitasi mengikuti gaya selingkung yang disyaratkan dalam Panduan Penulis
  • Jika mengirimkan ke bagian peer-review jurnal, pastikan instruksi dalam blind review telah diikuti.
1 Artikel yang dikirim ke Jurnal biasanya harus antara 5.000 hingga 7.000 kata atau antara 14-17 halaman dengan spasi tunggal.
2 Artikel harus ditulis dalam bahasa Inggris dalam ruang tunggal, menggunakan Microsoft Word, ukuran font 12, Calibri, margin atas dan kiri 3 cm, margin bawah dan kanan 2,54 cm, dalam ukuran kertas Letters.
3 Masukkan header di halaman genap yang menunjukkan nama Jurnal, Volume, Nomor, bulan, dan tahun, dan nomor halaman publikasi. Pada halaman ganjil, masukkan penulis dan beberapa kata dari judul artikel.
4 Catatan kaki akan muncul di akhir teks, bukan di kaki halaman yang relevan. Nomor halaman harus dimasukkan di bagian bawah, ditempatkan di sebelah kanan.
5 Tulis bagian utama artikel dalam dua kolom, kecuali untuk tabel dan gambar. Gunakan indentasi baris pertama 1 cm, tetapi tidak ada indentasi untuk paragraf pertama tepat setelah judul utama dan paragraf pertama setelah subpos.
6 Kutipan blok harus berukuran 1 cm dengan ukuran font 11.
7 Untuk artikel berbasis penelitian, garis besar yang digunakan adalah: pengantar (tanpa judul atau subjudul), metode, temuan dan diskusi, kesimpulan, dan referensi.
8 Judul harus kurang dari 12 kata, ditulis dengan huruf besar, terpusat, dengan font zize 14.
9 Pendahuluan harus terdiri dari latar belakang penelitian, konteks penelitian, tinjauan literatur, dan tujuan penelitian. Semua pengantar harus disajikan dalam bentuk paragraf, bukan pointer, dengan proporsi 15-20% dari keseluruhan panjang artikel.
10 Bagian metode terdiri dari deskripsi mengenai desain penelitian, sumber data, pengumpulan data, dan analisis data dengan proporsi 10-15% dari total panjang artikel, semua disajikan dalam bentuk paragraf.
11 Bagian temuan dan diskusi terdiri dari deskripsi hasil analisis data untuk menjawab pertanyaan penelitian dan artinya dilihat dari teori saat ini dan referensi dari area yang dibahas. Proporsi bagian ini adalah 40-60% dari total panjang artikel.
12 Bagian kesimpulan terdiri dari ringkasan, pernyataan kembali, komentar atau evaluasi dari temuan utama.
13 Gunakan hanya garis horizontal saat menggunakan tabel. Letakkan nomor tabel dan judul tabel di atasnya.
14 Setiap sumber yang dikutip dalam tubuh artikel harus muncul dalam referensi, dan semua sumber yang muncul dalam referensi harus dikutip dalam tubuh artikel.
15 Sumber yang dikutip setidaknya 80% berasal dari yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir. Sumber yang dikutip adalah sumber utama dalam bentuk artikel jurnal, buku, dan laporan penelitian, termasuk tesis dan disertasi.
16 Kutipan dilakukan dengan menggunakan braket (nama belakang dan tahun publikasi). Saat sumber dikutip kata demi kata, nomor halaman dimasukkan (hlm. 78 atau hlm. 78-89)
17 Bukti akan dikirim ke penulis untuk diperbaiki, dan harus dikembalikan ke penerbit dengan tenggat waktu yang diberikan.
18 Kutipan dan referensi mengikuti gaya APA dan yang terakhir harus dimasukkan di akhir artikel dalam contoh berikut
 

Amalia, A. (2012). The use of video in teaching writing procedural text: A quasi-experimental study in one of Senior High Schools in Bandung (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia, 2012). Retrieved 12th January, 2012 from http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi=11587

Balitbang. (2008). The assessment of curriculum policies in secondary education: Assessment report. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.

Costner, K. (Director), & Blake, M. (Writer). (1990). Dances With Wolves [Motion picture]. United States: Majestic Film/Tig Productions.

Cox, C. (1999). Teaching language arts: A student-and response-centered classroom (3th ed.). Needam Heights, MA: Allyn & Bacon.

Cramond, B. (2007). Enriching the brain? Probably not for psychologists [Review of the book Enriching the brain: How to maximize every learner’s potential]. PsycCRITIQUES, 52(4), Article 2. Retrieved from http://www.apa.org/psyccritiques/

Dorland’s illustrated medical dictionary (29th ed.). (2000). Philadelphia: Saunders.

Hunston, S. & Oakey, D. (2010). Introducing applied linguistics: Concepts and skills. New York, NY: Routledge.

Johnson, L., Lewis, K., Peters, M., Harris, Y., Moreton, G., Morgan, B. et al. (2005). How far is far? London: McMillan.

Palmer, R. (in press). A third way: online labs integrated with print materials. Indonesian Journal of Applied Linguistics.

Sklair, L. (2010). Iconic Architecture and the Culture-ideology of Consumerism. Theory Culture Society, 27(135), pp. 135-159. DOI: 10.1177/0263276410374634.

Suherdi, D. (2010). Week three: Analyzing structure [Powerpoint slides]. Unpublished manuscript, IG502, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia

Sukyadi, D. & Mardiani, R. (2011b). The washback effect of national examination (ENE) on English teachers’ classroom teaching and students’ learning. K@ta: A Biannual Publication on the Study of Language and Literature, 13(1), pp. 96-111.

Sukyadi, D. (2011). The metaphorical use of English address terms in Indonesian blog comments (A pragmatic analysis of Indonesian bloggers). Dalam Nasanius, Y. (ed.) Conference on English Studies (CONEST) 8, pp. 133-135, Jakarta: Unika Atma Jaya.

Waugh, L.R., & Monville-Burston, M. (eds.). (1990). On language: Roman Jakobson. Cambridge, MA: Harvard University Press.