ENTERPRENEURSHIP DALAM AL-QUR’AN: KONSEP BISNIS ISLAM DAN PERAN WIRAUSAHAWAN SEBAGAI AGEN PERUBAHAN EKONOMI

  • Sherlin Parlina Sari Hamfara
Keywords: Enterpreneurship, Wirausahawan, Bisnis islam

Abstract

Enterpreneurship menurut Al-Quran adalah suatu konsep bisnis yang didasarkan pada prinsip-prinsip syariah Islam. Bisnis syariah merupakan kegiatan usaha atau bisnsis yang dijalankan sesuai aturan yang terdapat didalam Al-Quran dan Hadits. Konsep bisnis Islam menempatkan etika dan moral pada posisi paling utama dalam kehidupan, sehingga penting untuk menjadikannya sebagai solusi dalam pengembangan diri didalam dunia bisnis agar sesuai norma dan agama. Artikel ini mengkaji konsep-konsep Entrepreneurship atau kewirausahaan yang memiliki peran penting dalam pengembangan ekonomi suatu masyarakat. Metode penelitian yang digunakan melibatkan analisis terhadap ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan bisnis dan wirausaha, serta studi literatur terkait konsep-konsep ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pandangan Islam terhadap bisnis serta bagaimana prinsip-prinsip tersebut dapat membimbing wirausahawan menjadi agen perubahan ekonomi yang berkelanjutan.

Published
2024-01-17