ETIKA BISNIS ONLINE DALAM PANDANGAN ISLAM
Abstract
Artikel ini dibuat bertujuan untuk mengetahui perilaku dan etika para pebinis dan konsumen bisnis online di era sekarang dan menganalisis dalam pandangan Islam. Informasi diambil dari sumber utama, yaitu Al-Qur'an dan fiqih ekonomi madzhab Hamfara dengan tambahan dari sumber-sumber yang lain, seperti artikel jurnal dan buku-buku ekonomi madzhab Hamfara yang ditulis dosen-dosen kampus tersebut. Perilaku dan etika bisnis online di era teknologi saat ini adalah perilaku individu muslim yang tidak mengerti mengenai akad-akad yang ada di dalam sebuah transaksi yang sedang dilakukan karena bisnis online ini termasuk fakta dan masalah baru yang masih sedikit dari ustadz dan ulama yang membahas dan menghukumi membuat mereka tidak mengerti bahwasannya masalah ini adalah perkara penting semestinya individu dan masyarakat muslim ketahui karena perkembangan zaman yang tidak bisa dielakkan. Artikel memiliki konstribusi menambah wacana diskusi ekonomi Islam, khususnya terkait dengan dakwah ekonomi Islam dalam perspektif etika bisnis.