Eksplorasi Pentingnya Hubungan Lembaga Pendidikan dengan Orang Tua Selaku Stakeholder Kunci Pendidikan

  • Ani Rohaeni Pesantren Hamfara
  • W Wijiharta STEI Hamfara
Keywords: jalinan komunikasi, lembaga pendidikan terintegrasi, dukungan keluarga, pembentukan kepribadian, pengembangan soft skill

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji arti penting peran orang tua terhadap keberhasilan pendidikan dan pentingnya jalinan hubungan Lembaga Pendidikan dengan orang tua. Studi literatur ini mengkaji 34 dokumen artikel dari 61 artikel yang berhasil dirunut melalui google scholar dan aplikasi Publish or Perish 8. Simpulan dari hasil kajian adalah bahwa orang tua sebagai salah satu stake holder kunci pendidikan berperan dalam membentuk kepribadian (syakhshiyyah) dan penanaman soft skill(ketrampilan non teknis) mahasiswa melalui arahan dan keteladanan (role model) pada pusat pendidikan keluarga. Orang tua berperan menanamkan tujuh ketrampilan non teknis (personal dan social), yaitu kerjasama, komunikasi, problem solving, kepercayaan diri, tanggung jawab, kemandirian, dan entrepreneurship. Orang tua dalam membentuk kepribadian meliputi penanaman akhlaq, kepribadian Islam dan konsep diri didukung peran keteladanan (role model). Dukungan orang tua berperan terhadap keberhasilan studi mahasiswa, sejak keputusan untuk lanjut studi, pemilihan kampus / jurusan / konsentrasi, penyesuaian awal studi, dorongan belajar, antisipasi gangguan belajar, dorongan berprestasi, penyelesaian tugas akhir, pengambilan keputusan bekerja / berwirausaha. Peran dukungan keluarga khususnya orang tua sejak pra studi hingga pasca studi meniscayakan pentingnya jalinan komunikasi yang baik antara Lembaga Pendidikan dengan orang tua demi keberhasilan mahasiswa menyiapkan kompetensi untuk memasuki dunia usaha atau bekerja karir.


Abstract
Organizing socialization and counseling in collaboration by involving various groups from academics, public policy. This study aims to examine the importance of the role of parents on the success of education and the importance of the relationship between educational institutions and parents. This literature study examines 34 article documents from 61 articles that have been successfully traced through Google Scholar and the Publish or Perish 8 application. non-technical skills) students through direction and role model (role model) at the family education center. Parents play a role in instilling seven non-technical skills (personal and social), namely cooperation, communication, problem solving, self-confidence, responsibility, independence, and entrepreneurship. Parents in shaping the personality include the cultivation of morality, Islamic personality and self-concept supported by role models. Parental support plays a role in the success of students' studies, from the decision to continue their studies, campus selection / department / concentration, initial adjustment of studies, encouragement to learn, anticipation of learning disorders, encouragement of achievement, completion of final assignments, decision making work / entrepreneurship. The role of family support, especially parents from pre-study to post-study, necessitates the importance of good communication between educational institutions and parents for the success of students preparing competencies to enter the business world or work careers.

Published
2022-09-26