Konsep Psychological Empowerment Dalam Islam Di Lembaga Pendidikan

  • Arivatu Rahmatika Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Ainun Makin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Keywords: psychological empowerment, maqasyid syariah, lembaga pendidikan

Abstract

Dinamika perubahan yang terjadi pada masyarakat sangat dipengaruhi oleh keberhasilan perubahan yang terjadi pada dunia pendidikan, lembaga pendidikan merupakan salah satu elemen strategis yang secara masif berupaya melakukan proses perubahan melalui program pendidikan yang telah ditetapkan, melalui pembelajaran. sebuah proses yang dapat memberikan ruang berpikir, ruang eksperimen dan ruang pemahaman bagi setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep psychological empowerment dalam Islam di lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan penelitian studi literatur dengan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menyelaraskan antara psychological empowerment dengan maqasyid syariah di lembaga pendidikan.

 

Published
2022-09-19