Pengembangan Soft skill Leadership Mahasiswa Melalui Kunjungan Audiensi Kelembagaan
Abstract
Soft skill leadership merupakan soft skill yang penting untuk dikuasai oleh mahasiswa. Kajian ini adalah tentang pengembangan soft skill leadesrship mahasiswa melalui kunjungan audiensi kelembagaan. Kegiatan dilaksanakan menggunakan metode training by project. Kajian ini menyimpulkan bahwa kunjungan audiensi kelembagaan mengasah kemampuan leadership sejak proses perencanaan, eksplorasi dan pengerucutan hingga membuat kesepakatan bersama terkait tema kegiatan. Tahap koordinasi mengasah kemampuan dalam membangun komunikasi yang baik secara internal tim maupun dengan pihak instansi yang dituju. Secara internal tim inti harus mampu membagi tugas kepada tim – tim kecil yang sekaligus sebagai wahana bagi tim-tim kecil untuk sama-sama belajar dan mengasah pengalaman. Pada rangkaian proses implementasi dari tema yang telah disepakati, tim inti juga harus mampu mengarahkan tim agar bertindak sesuai tugas masing-masing demi kelancaran program. Rangkaian kunjungan meliputi kunjungan ke instansi dalam dan luar negeri, dimana tim mahasiswa berperan aktif dan utama dalam perencanaan, pengkoordinasian hingga implementasi dan pengontrolan kegiatan kunjungan. Khususnya terkait kunjungan audiensi kelembagaan ke instansi luar negeri memiliki nilai lebih, karena baik pada proses perencanaan, pengkoordinasian dan pelaksanaan memerlukan kesiapan, effort dan resiko yang lebih tinggi. Sehingga akan menghasilkan experience yang lebih membekas bagi mahasiswa peserta training leadership.
Leadership soft skills are important soft skills for students to master. This study is about the development of student leadership soft skills through institutional audience visits. Activities are carried out using the training by project method. This study concluded that institutional audience visits hone leadership skills from the planning, exploration and shrinking processes to making mutual agreements related to the theme of activities. The coordination stage hones the ability to build good communication internally with the team and with the intended agency. Internally, the core team must be able to divide tasks into small teams as well as a vehicle for small teams to learn and hone experience. In the series of implementation processes of the agreed theme, the core team must also be able to direct the team to act according to their respective tasks for the smooth running of the program. The series of visits includes visits to domestic and foreign agencies, where the student team plays an active and main role in planning, coordinating to implementing and controlling visit activities. Especially related to institutional audience visits to foreign agencies have more value, because both the planning, coordination and implementation processes require higher readiness, effort and risk. So that it will produce a more memorable experience for students participating in leadership training.