Analysis of Factors Influencing Consumers in Using Herbal Products

Main Article Content

Reiangga Okinawa
Wijiharta Wijiharta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam menggunakan produk herbal kesehatan. Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling sejumlah 100 responden. Pengolahan data menggunakan program SPSS. Berdasarkan prosedur analisis faktor, 34 variabel awal berhasil dikelompokkan menjadi 10 kelompok faktor. Kesepuluh faktor tersebut kemudian diberi nama sesuai dengan komponen-komponen pembentuk variabel, yaitu: 1. Faktor jaminan produk, 2. Faktor kebutuhan dan gaya hidup, 3.  Faktor pelayanan, 4. Faktor komunikasi, 5. Faktor acuan, 6. Faktor ketersediaan, 7. Faktor harga, 8. Faktor persepsi, 9. Faktor keyakinan produk, dan 10. Faktor rekomendasi. Faktor-faktor tersebut menyumbang 71,715 % perilaku konsumen dalam menggunakan produk herbal.

Article Details

Section
Articles