The Role of Attitude Mediation on the Effects of Education and Religiosity on Customer Savings Decisions

Main Article Content

Sugeng Nugroho

Abstract

Keputusan nasabah untuk menabung di suatu bank syariah dipengaruhi oleh beberapa faktor, tiga di antaranya adalah faktor edukasi, faktor religiusitas, dan faktor sikap. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung faktor edukasi dan faktorĀ  religiusitas terhadap keputusan nasabah menabung di BNI Syariah Cabang Yogyakarta dengan faktor sikap sebagai variabel intervening. Penelitian menggunakan data primer dari sampel sejumlah 100 responden yang ditetapkan secara nonprobability quota purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik path analysis dan memperoleh temuan bahwa jalur pengaruh langsung antara variabel edukasi (0.278<0.341) dan variabel religiusitas (0.087<0.098) dengan variabel keputusan nasabah lebih kecil dari jalur pengaruh tidak langsung. Sementara uji hipotesis, menerima H1, artinya ada peran mediasi variabel sikap pada pengaruh variabel edukasi dan variabel religiusitas terhadap variabel keputusan nasabah (0.000).

Article Details

Section
Articles