PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), IDENTITAS ETIS ISLAM TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DI INDONESIA

Main Article Content

Siti Murtiyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifiksi dan mengukur pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Identitas Etis Islam (IEI) terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dalam Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE) pada bank syariah di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan penelitian kausal komparatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan tahunan (annual report) yang diperoleh/bersumber dari informasi yang dikeluarkan dari bank syariah di Indonesia  dari tahun 2008-2012. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  Corporate Social Responsibility dan Identitas Etis Islam berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dalam ROA dan ROE. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis pertama terbukti bahwa CSR dan IEI berpengaruh siginifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan ROA. Hasil yang lain menunjukkan bahwa CSR tidak berpengaruh pada kinerja keuangan yang diproksikan dengan ROE, sedangkan pengungkapan IEI berpengaruh siginifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan ROE.

Article Details

Section
Articles