Pemahaman Kebutuhan Manusia Sebagai Modal untuk Smart dalam Berkegiatan Ekonomi

  • A Rohaeni STEI Hamfara
  • WSJ Dikara STEI Hamfara
Keywords: hedonistic lifestyle, consumptive behavior, self-management, smart economc activities, gempuran iklan hedonis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep kebutuhan manusia sebagai modal untuk berkegiatan ekonomi secara smart di tengah gempuran iklan yang menawarkan gaya hidup hedonis dan merangsang perilaku konsumtif. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dengan studi literature dari berbagai publikasi artikel ilmiah. Kajian menyimpulkan bahwa perkembangan teknologi maya di era kehidupan kapitalisme materialistic berdampak menyuburkan gaya hidup hedonistic yang mempengaruhi kalangan pelajar remaja generasi z, kalangan muda mahasiswa millennials dan anggota masyarakat lainnya. Rangsangan kemudahan belanja online merangsang perilaku konsumtif dan gaya hidup hedonis yang jika tidak terkendali bisa mengkacaukan skala prioritas pemenuhan kebutuhan hidup, yang keterabaiannya bisa menjerumuskan pelaku pada pinjol, tidak pidana, asusila, judol, bahkan bunuh diri. Fenomena kelemahan syakhshiyyah Islam khususnya generasi pelajar remaja gen z dan generasi muda mahasiswa millennials serta anggota masyarakat lainnya membutuhkan pencerahan pemahaman Aqidah Islam dan berbagai tsaqofah Islam serta pemahaman tanggung jawab manajemen kebutuhan diri seorang muslim, tanggung jawab sosial dalam kehidupan masyarakat Islam dan gambaran jaminan pemenuhan kebutuhan hidup individu dan rakyat oleh negara pada masa kehidupan Islam sebagaimana yang dicontohkan Rosulullah Saw dan para khulafaurrasyidin. Pemahaman tentang konsepsi kebutuhan manusia diharapkan akan menjadikan generasi yang memiliki daya tahan terhadap rangsangan keinginan dan mampu berperilaku smart dalam mengelola dan memenuhi kehidupan hidup berpanduan tuntunan syariat Islam dan aulawiyat keutamaan amal.

Published
2024-07-08