Effect of Five Dimensions of Islamic Perspective Service Quality on Partner Satisfaction on KSPPS BMT Binamas

Main Article Content

Syarifudin M. Kasiman
Sugeng Nugroho

Abstract

Mutu pelayanan (service quality) dalam lingkar bisnis jasa merupakan satu nilai yang dipertukaran antara penjual dan pembeli, dalam hal ini antara lembaga keuangan (KSPPS) dengan nasabah (anggota, mitra). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh empat dimensi quality service: tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan mitra di KSPPS BMT Binamas. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain kuantitatif deskriptif dengan 100 responden yang diambil dari “nasabah” mitra secara purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa seluruh hipotersis kerja (H1) memiliki nilai signifikansi <0.05, artinya baik secara parsial maupun simultan tangible, reliability, responsiveness, assurance dan amphaty berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mitra KSPPS BMT Binamas dengan besar pengaruh sebagaimana persamaan: Y = -1.534 + 0,154X1 +0,109X2 + 0,141X3+ 0,491X4+0,238 X5. Sementara analisis perspektif Islami dilakukan melalui desain instrumen penelitian.

Article Details

Section
Articles