Effect of Consumer Characteristics on Purchasing Decisions on Halal Labeled Food Products (Case Study of Mothers in Yogyakarta City)

Main Article Content

Salihah Khairawati

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh variabel budaya, variabel sosial, variabel pribadi /personal dan variabel psikologis terhadap keputusan pembelian produk makanan berlabel halal di kalangan ibu-ibu kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan non-probability sampling dengan pendekatan judgement sampling  dengan jumlah 98 responden yang merupakan wanita muslimah yang telah memiliki keluarga (anak dan suami) yang berdomisili di kota Yogyakarta.  Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: adanya pengaruh secara bersama-sama dari variabel budaya, variabel sosial, variabel pribadi /personal dan variabel psikologis terhadap keputusan pembelian produk makanan berlabel halal. Serta adanya pengaruh secara parsial dari variabel budaya, variabel sosial, variabel pribadi /personal dan variabel psikologis terhadap keputusan pembelian, variabel budaya adalah variabel yang paling dominan diantara variabel lainnya dalam mempengaruhi keputusan pembelian.

Article Details

Section
Articles